Sabtu, 22 Desember 2012

Konsep Dasar Perencanaan & Perancangan

Secara umum, konsep dasar pembangunan Andalus Cluster  mengacu kepada konsep era peradaban Islam di Andalusia – Spanyol – Eropa yang disesuaikan dengan  kondisi, situasi dan budaya setempat pada saat sekarang. Berdasarkan konsep pembangunan tersebut, maka dipilihlah lokasi Andalus Cluster di – Jl. Cimincrang – Gede Bage, yang merupakan hasil study kelayakan tentang pemilihan, penilaian dan analisis dan perizinan lokasi, lingkungan dan bangunan dari berbagai varian tentang pembangunan perumahan yang bertemakan: “bersih, aman, nyaman, asri, dinamis, modern dan bernuansa Islami”.

Berdasarkan konsep pembangunan Andalus Cluster tersebut, maka disusun kerangka acuan perencanaan dan perancangan pembangunan, yang merupakan kerangka acuan yang terintegrasi dan komprehensif dari berbagai  varian tentang “advantage” Cluster hunian sesuai dengan tema yang diusung.

Dalam kerangka acuan perencanaan dan perancangan pembangunan Andalus Cluster tersebut, disamping memperhitungkan varian-varian “advantage” Cluster hunian juga memperhitungkan penciptaan tentang “penambahan-nilai” Cluster hunian, yang dapat dipaparkan secara ringkas ke dalam beberapa aspek penting tentang Cluster hunian yang dimaksud, antara lain sebagai berikut: (1) aspek lokasi/wilayah; (2) aspek aksebilitas/transportasi; (3) aspek view/nuansa; (4) aspek fasilitas; (5) aspek sarana; (6) aspek arsitektur; (7) aspek program pembinaan Islami; serta (8) aspek investasi.

0 komentar:

Posting Komentar

Share

Twitter Delicious Facebook Digg Stumbleupon Favorites More